Selasa, 25 November 2014

BUKU BERUSIA 100 TAHUN LEBIH MENGENAI RESEP-RESEP OBAT DAN HAL-HAL BERMANFAAT LAINNYA

BUKU BERUSIA 100 TAHUN LEBIH MENGENAI RESEP-RESEP OBAT DAN HAL-HAL BERMANFAAT LAINNYA
.

Ivan Taniputera
26 November 2014
.



Judul: Ilmoe Pengatahaoean Boeat Pengidoepan Kita Orang di Roema Tangga dan Laen Laen: Pharmacie (Ilmoe Bikin Obat-obatan dan Nasehat-nasehat Jang Bergoena)
Tersalin dan Terkoempoel oleh Hemeling, Batavia
Penerbit: Tjiong Koen Bie & Co, Batavia, 1913
Jumlah halaman: 280


Buku ini memuat resep-resep berharga, baik berupa obat-obatan atau hal-hal lain yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian "Permoelaan dan Katerangan" dibahas sebagai berikut:

"Pembatjakoe jang terhormat!

Seringkali kita moesti merasakan sendiri, begimana soesa rasanja, apabilah di dalam hal jang ketjil-ketjil sadja, kita orang tiada taoe tjara begimana moesti berlakoe. Atjapkali kitaorang kapoetoesan akal dan tida taoe daja oepaja begimana haroes dilakoeken soepaja bisa membikin linjap tanda item-item (teroetoesan) dari pakean poeti; tanda bekas dara dan laen-laen lagi.
Boekan begitoe sadja, tapi djoega di dalem hal mengobatken orang jang sakit, apabila sakit itoe dirasa terlaloe sedikit, boeat diminta pertoeloengan tabib bangsa Eropa, dan djoega tjara begimana kita orang moesti menoeloeng orang jang dapet katjilakaan sekoenjoeng-koenjoeng (sepert terlanggar "zonnesteck" atawa kalelap di aer, d. l. l. lagi), dimana katjilakaan itoe terdjadi, boekan sadja boeat kaperloean di dalem roemah tangga, tapi djoega ampir boleh dibilang boeat semoea kaperloean kitaorang, kita disini sengadja ada kasi recept-recept dan nasehat jang sanget bergoena....."

Antara lain adalah menghilangkan noda tinta  pada pakaian, obat penyakit wasir, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh daftar isinya.







Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya.





Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar