Kamis, 17 September 2015

BUKU TENTANG INDUSTRIALISASI DI CHINA

BUKU TENTANG INDUSTRIALISASI DI CHINA

Ivan Taniputera
17 September 2015




Judul: Industrialisatie van China
Penulis: Han Tiauw Tjong (1894-1940)
Penerbit: Martinus Nijhfoff, 1922
Jumlah halaman: 386
Bahasa: Belanda

Buku ini adalah karya Han Tiauw Tjong, salah seorang insinyur Tionghoa Indonesia yang lahir di Jawa Timur. Isinya membahas mengenai perkembagan industrialisasi dan pembangunan di China pada era 1920-an.

Pada bagian kata pengantarnya dapat kita baca:

"Na de ziekte-crises van 1895 en 1900 van "the sick Man of Asia", zooals China voorheen genoemd werd, begon het "Land van den Draak" langzaam tot ontwikkeling te komen, dank zij de ontwaking van het nationaal gevoel en ten spijt van alle opgeworpen economische en staatkundige barrieres en de inwendige trobelen, onrust en voortdurenden strijd tusschen Noor-en Zuid China."

Terjemahan:

"Setelah "krisis penyakit tahun 1895 dan 1900 yang dialami "orang-orang sakit di Asia," demikianlah China dahulu disebut, mulailah "Negeri Naga" secara perlahan memasuki masa perkembangannya, semua berkat bangkitnya perasaan nasionalisme, meskipun demikian masih terdapat hambatan ekonomi dan ketata-negaraan serta permasalahan dalam negeri, kerusuhan, dan pertikaian berkepanjangan antara China Utara dengan Selatan."

Berikut ini adalah daftar isinya:








Buku ini membahas berbagai aspek perkembangan dalam bidang pertambangan, pengolahan logam, industri tekstil, transportasi, telekomunikasi, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, buku ini secara sekilas membahas pula mengenai sejarah China di masa lampau. Berikut ini adalah kutipan dari halaman 13:

"De Chineesche cultuur werd door West-Aziatische en Byzantijnsche invloeden bevrucht. De naam van T'ai Tsung was bij den Griekschen keizer Theodosius welbekend, die een missie naar zijn residentie Chang An, in 640 zond. Onder de regeering van zijn zoon Kao Tsung (650-683) werd het Rijk nog verder uitgebreid en werden betrekkingen aangeknoopt met Tai Shih of Arabie."

Terjemahan:

"Budaya China diperkaya oleh pengaru Asia Barat dan Bizantium. Nama Kaisar T'ai Tsung dikenal baik oleh kaisar Yunani, Theodosius, dimana ia mengirim utusan ke Chang An pada tahun 640. Di bawah pemerintahan puteranya, Kao Tsung (650-683) kerajaannya makin diperluas dan dijalin hubungan dengan orang Tai Shin atau Arab."

Buku ini juga dilengkapi dengan tabel-tabel dan statistik terkait. Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya.








Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar